SETIAP LANGKAH ADA CERITA DAN SETIAP CERITA ADA JEJAK DAN SETIAP JEJAK MENYIMPAN KENANGAN

Gunung Bulusaraung merupakan Gunung yang terletak di Sulawesi Selatan tepatnya berada di antara dua Kabupaten yaitu Kabupaten Pangkep...

GUNUNG BULUSARAUNG - SULAWESI SELATAN



Gunung Bulusaraung merupakan Gunung yang terletak di Sulawesi Selatan tepatnya berada di antara dua Kabupaten yaitu Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Maros. Namun letak pas gunung Bulusaraung berada di Kecamatan Balocci Desa Tompo Bulu.

Gunung Bulu Sarung Memiliki Ketinggian 1353 MDPL. Dengan ketinggian yang terbilang rendah, namun untuk bisa tembus kepuncak bisa menghabiskan waktu 4-5 jam dengan stadar pendaki biasa.
Tepatnya tgl 11-12 April 2018 Kami melakukan perjalanan mulai dari pusat Kota Makassar menuju Basecamp pendakian dengan durasi tempuh 2-3 jam menggunakan roda dua ( Motor ).

Sesampainya di Basecamp pendakian, kita akan diarahkan oleh warga di desa tersebut untuk melakukan registrasi pengunjung. Biaya registrasi yang harus dibayar tidak terbilang mahal hanya dengan mengeluarkan duit 10.000 ( sepuluh ribu ) sudah termasuk biaya parkir kendaraa dll.

Disebelah Basecam Registrasi terdapat sebuah warung kecil yang menyiapkan beberapa kebutuhan pendaki, seperti air, indome,telur,minyak,batu baterai dll. Namun untuk lebih berhati-hati sebaiknya disiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan sebelum meninggalkan lokasi star awal.


Kami memulai pendakian sekitar jam 14 : 00 dengan jumlah tim 6 orang. 2 orang wanita cantik dan tangguh dan 4 orang pria yang tampan..hhhhhhhhh....yaaa mungkin kamu yang pertama kali melakukan pendakian di gunung ini akan kaget dengan track yang tidak biasanya kamu dapatkan di gunung-gunung lain..

Start awal kita akan melewati beberapa ladang warga yang sudah diberi tanda jalur pendakin. Tanjakan awal kita akan menaiki sebuah tangga yang sudah di tembok beton, yaa kira-kira tangga tersebut sekitar 100-150 meter jauhnya, setelah ujung tangga beton tersubut kamu harus mengikat kembali tali sepatu yang sudah mulai kendor dan memperbaiki stelan carriel yang sudah mulai terasa berat, dan yang paling penting adalah ambil nafas dalam-dalam karena di depan kamu masih panjang heheh..

Tanjakan tidak hanya sampai disitu saja, tapi masih lanjut sampai pada post 9 (sembilan) dengan jalur yang lebih menantang, harus melewati tangga dari akar-akar pohon yang bisa membuat kaki kamu terkilir jika tidak berhati-hati melangkah.



Jarak tempuh antara pos ke pos berikutnya sekitar 30 menit dan bahkan bisa kurang dari itu kalau konsisten terus maju.

Kami sampai di post 9 ( sembilang ) sekitar jam 5 lewat. Di post inilah biasanya para pendaki membuka Camp dan beristrahat sebulum naik kepuncak, di post ini juga terdapat sumber air yang bersih dan segar, cukup kita turun beberapa meter dari lokasi camp.

Selanjunya kite istrahat, ngopi,makan,dll. ......

Dari post 9 ( sembilan ) menuju puncak bisa kita tempuh 40 menit dan bahkan kurang dari itu bisa, tergantung bagaimana mapunya. Jalur mulai sempit dan penuh batu, jadi perlu kehati-hatian ketika mengambil pijakan.
Oke guys...kami doakan kamu yang belum sempatkan datang kesana bisa disegerakan..
SALAM LESTARI





0 komentar: