SETIAP LANGKAH ADA CERITA DAN SETIAP CERITA ADA JEJAK DAN SETIAP JEJAK MENYIMPAN KENANGAN

Saat sekarang ini lagi ramai-ramainya pemuda dan pemudi ngungsi kegunung, kalau ditanya ngapai kegunung alasannya bermacam-macam, mula...

6 POIN YANG HARUS DIHINDARI PENDAKI



Saat sekarang ini lagi ramai-ramainya pemuda dan pemudi ngungsi kegunung, kalau ditanya ngapai kegunung alasannya bermacam-macam, mulai dari ingin melihat sunrice, menenangkan pikiran, dan masih banyak lagi jawaban-jawaban yang bisa kita temukan dilapangan.

tapi ada beberapa hal yang perlu teman-teman perhatikan ketika ingin melakukan pendakian diantaranya :

1. JANGAN MENGANGGAP ENTENG MEDAN

Ketika teman-teman ingin melakukan sebuah pendakian hendaknya mempelajari situasi medannya. sering kita temui pendaki yang tidak bisa sampai kepuncak karena faktor mendan yang sulit dan mereka kurang persiapan untuk mengahadapinya. 

Sebelum melakukan perjalanan carilah informasi sebanyak-banyaknya baik dari tulisan maupun lisan, atau informasi langsung dari mereka yang sudah pernah ketempat tersebut.

2. PERLENGKAPAN YANG LENGKAP

Mungkin teman-teman pernah mengalami ada pendaki yang datang di tim teman-teman untuk meminta sesuatu entah itu logistik atau apalah itu yang berhubungan dengan perlengkapan pendakian. 

bukan berarti kita tidak mau menolong kepada sesama, tapi terkadang mereka juga mendaki dengan membawa perlengkapan yang seadanya, ini merupakan hal yang sangat fatal ketika kita mendaki kemudian bergantungkan sama pendaki lain. 

khusus bagi teman-teman yang ingin mendaki harusnya melengkapi  semua perlengkapan yang kurang, jangan sampai teman-teman berharap kepada sesama pendaki yang lain. kalau saja pendaki yang anda harapakan untuk membantu tidak bisa berbuat apa-apa kan ini  sesuatu yang membahanyakan untuk diri teman-teman sendiri. 

3. BUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Segelintir pendaki yang kurang memahami bahwa SAMPAH itu bisa merusak keindahan alam, mereka dengan semangat menuju puncak membawa beban yang sangat berat, namun ironisnya mereka tidak mampu membawa turun SAMPAH mereka yang yang sangat ringan. 

Jadi bagi teman-teman yang melakukan pendakian hal yang paling utama ketika teman-teman ingin meninggalkan tempat perhatikan disekitar lokasi teman-teman istrahat, jangan sampai ada sampah yang teman-teman tertinggal. Dan yang paling penting jangan lupa membawa kantong SAMPAH.

4. TINGGALKAN HAL-HAL YANG MEMBAHAYAKAN

Beberapa pendaki ketika dipuncak gunung mereka melakukan hal-hal yang sangat berbahanya hanya untuk mengambil angle foto. 

Untuk teman-teman yang tidak begitu yakin untuk melakukan hal-hal yang berbahanya saya sarankan untuk ditinggalkan saja. karena tujuan mendaki bukan hanya untuk mengambil foto yang indah dipuncak gunung. akan tetapi tujuan kita adalah kembali kerumah dan berkumpul kembali dengan keluarga, jangan sampai hal-hal yang berbahanya yang kita lakukan malah membuat keluarga kita bersedih dengah hal-hal yang tidak kita inginkan malah terjadi kepada kita. 

5. JANGAN MENGAMBIL APAPUN 

Teman-teman pasti mernah melihat ada seseorang yang mengambil sesuatu yang dilarang di gunung, atau bahkan teman-teman sendiri pernah melakukannya. nah kalau yang lalu biarlah berlalu saatnya kita memulai lembaran yang baru. jadi kalau teman-teman yang sudah sadar dengan hal ini mohon untuk di ingatkan kepada pendaki yang belum paham jangan sampai tindakan mereka ini bisa merusak keindahan alam. 

6. JANGAN MEMBUAT API UNGGUN

Faktor yang membuat terjadinya kebakaran hutan karena api yang di nyalakan tidak dipadamkan dengan baik. Untuk teman-teman yang masih biasa menyalakan api unggun dihutan apalagi dimusim kemarau, saya sarankan untuk tidak melakukannya, karena ketika teman-teman menyalakan api unggun dimusim kemarau api yang teman-teman nyalakan kemudian tertiup angin, dari butir-butir api tersebut bisa mengakibatkan kebaran hutan, dedaunan yang berada disekitar kering dan sangat mudah terbakar begitu juga bagi teman-teman yang menyalakan rokok, sekiranya ketika membuang puntung rokoknya jangan asal dibuang begitu saja, usahakan api rokok teman-teman sudah betul-betul padam. 

oke gais semoga 6 poin diatas bisa kita taati bersama untuk kebaikan kita sendiri dan orang lain yang ada di sekitar kita.  

0 komentar: