SETIAP LANGKAH ADA CERITA DAN SETIAP CERITA ADA JEJAK DAN SETIAP JEJAK MENYIMPAN KENANGAN

Sumbawa sangat terkenal dengal dengan hamparan pantai dan pulau-pulau kecilnya yang indah, namun dibalik keindahan yang dimi...

UNIKNYA MASYARAKAT PEDALAMAN SUMBAWA





Sumbawa sangat terkenal dengal dengan hamparan pantai dan pulau-pulau kecilnya yang indah, namun dibalik keindahan yang dimiki sumbawa ternyata ada keunikan yang sangat luar biasa dari pedalaman Sumbawa itu sendiri.

Desa Emapang Bua menjadi salah satu tuan perjalanan saya. Untuk bisa sampai di Desa Empang Bua kita harus melewati lima sungai yang sangat deras. Perjalanan untuk bisa sampai di desa Empang Bua tidaklah muda, jarak tempu pejalan kaki kurang lebih 4-5 jam menelusuri hutan yang rimba dengan jalan setapak yang licin dan curam.

Warga yang menetap di Desa Emapang Bua -+ 7 kk. Dengan kehidupan yang jauh dari kata sempurna. Desa ini sama sekali belum disentuh oleh pemirintah setempat hingga saat ini belum ada penerang yang bisa menerangi gelapnya malam di desa tersebut.

Namun dibalik kekurgan mereka, ada beberapa keunikan yang jarang sekali kita dapatkan di tempat-tempat lain diantaranya :

  1. mengembala tanpa Kandang

Pada umumnya mengembala pasti memiliki kandang untuk ternak-ternaknya. Tapi berbeda dengan warga desa empang bua, ternak mereka di biarkan berkeliaran di hutan yang luas tanpa batas.
Sapi-sapi yang mereka pelihara dibiarkan begitu saja, terkadang ada sapi yang kembali ke desa dalam jangka bulan dan adapula yang bertahun-tahun  kemudian kembali dengan membawa rombongan anak-anaknya. keren kan..hhhhh...kita lanjutkan.

2    2. Rumah Dari Bambu

Kalau kita berkunjung kedesa empang bua pasti kita temukan beberapa rumah meraka yang dibangun dengan bahan dasar bambu, mulai dari tiang, tangga,  lantai, dinding dan bahkan atapnyapun dari bambu.
Gambar  diwaktu malam hari


Menurut warga setempat, menggunakan bambu untuk membagun sebuah rumah sederhana sangat mudah bahan-bahannya mudah didapatkan dihutan dan tidak memerlukan alat yang canggih untuk membentuknya

 3. Padi tanpa Air



Pada umumnya petani menanam benih padi mereka di Sawah yang memiliki aliran air, tapi jauh berbeda dengan petani di desa Empang bua, Mereka menanam padi-padi mereka di lereng-lereng gunug yang tidak sama sekali terdapat sumber air.


Tanaman padi mereka bisa tumbuh subur akibat siraman air hujan. Benih padi yang mereka gunakan berbeda degan benih padi yang biasa di pakai petani-petani di sawah. Padi mereka bisa tetap subur meski tidak pernah disentuh air hujan berbulan-bulan. 

semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sudah mampir di blog saya.

jangan lupa untuk meninggalkan jejak yaa heheh
Salam Petualang

1 komentar:

assalamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com atau KLIK DISINI semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih telpon Kh. Ahmad Danan No.0822"9128"6336 saya tidak akan melupakan jasa aki.

jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI