SETIAP LANGKAH ADA CERITA DAN SETIAP CERITA ADA JEJAK DAN SETIAP JEJAK MENYIMPAN KENANGAN

"anak-anak pantai"~ Sorotan cahaya ma...

Labangka Beach NTB
















"anak-anak pantai"~














Sorotan cahaya matahari sore ini tak begitu menyengat, awan-awan gelap yang beriringan kompak menyelimuti langit, bersama irama deburan ombak yang bertempo tenang tapi menghentak-hentak saling melumat bibir pantai.
Di bibir pantai, perahu-perahu yang ditepikan berjajar rapi, terlihat ada beberapa pria dewasa yang sedang duduk diatasnya sambil asyik berbincang dengan tangan yang sibuk bergerak kesana kemari seperti sedang melakukan perbaikan.
Tapi, ada yang lebih asyik lagi dari sekedar pria dewasa yang duduk diatas perahu, di bibir pantai sana ada bocah-bocah kecil seusia 2-3 tahun, asyik berlarian bersama ombak yang datang menepi dan dengan cepat kembali surut.
Mula-mula mereka berlari menjauhi ombak yang siap menerjang, tapi sejurus kemudian mereka kejar lagi ombak yang dengan cepat pula surut.
Kalo sudah puas berlari-lari di bibir pantai, merekapun akan menceburkan diri kelautan, berenang dengan lihainya, meliuk liukan badan mepertahankan tubuhnya agar tak tenggelam.
Jila ada perahu yang sedang diam, mereka akan berenang mendekat ke perahu, bermain di sekitar perahu dengan tangan yang sesekali bergelayut di sisi perahu, Mencoba setiap gaya sembari saling melempar tawa.
Lain lagi dengan anak-anak kecil tadi, yang sedikit lebih besar seusia 5 tahunan menjadikan hamparan lautan sebagai wahana pemancingan yang siap mereka taklukan.
Perlengkapan pancing yang mereka gunakan sangatlah sederhana, hanya bermodal benang pancing yang panjang juga mata pancingnya dan cukup menggunakan botol plastik bekas untuk menggulung benangnya.
Saat ombak datang, dengan sekuat tenaga mereka lempar benang pancing sejauh mungkin hingga terbawa ombak ke tengah lautan, kemudian mereka akan berdiri tegak di bibir pantai dengan pandangan mata yang awas mengamati pancingan yang dibawa arus ombak menuju ke tengah, dan jika ada yang aneh, sesegera mungkin mereka tarik pancingan dengan gulungannya, jika boleh mereka juga akan berlari menjauh bibir pantai menarik pancingan agar pancingan mereka terangkat dan ikan tak lepas.
Ada-ada saja tingkah mereka, di usia yang belia, mereka sangat berkawan dengan pantai, rumah mereka yang berjarak beberapa meter saja dari pantai membuat mereka seperti sahabat karib sang pantai, jika ingin bermain mereka tinggal berlari ke pantai, bukan hanya sekedar permainan tetapi juga banyak pelajaran yang sebenarnya mereka dapatkan dari kehidupan pantai.
Proses tumbuh kembang mereka begitu kuat dibentuk oleh pantai, orang-orang dewasa yang lalu lalang siang dan malam pergi berlayar dan pulang membawa ikan menjadi pemandangan yang mereka rekam, orang-orang dewasa yang dengan bebasnya menyebur ke pantai berpengaruh terhadap jalan pikir mereka sehingga merekapun melakukan hal yang sama, tanpa ada yang menyuruh atau mendidiknya secara formal, mereka belajar dari kehidupan pantai, bagaimana berkawan, bermain, bertahan dengan pantai.
Dan semua ini menjadi bekal besar untuk kehidupan dewasa mereka.
Bagaimanapu mereka nantinya, kehidupan mereka sudah dimulai, bersama pantai mereka tumbuh menjadi anak-anak pantai.
Location: labangka beach Sumbawa Besar NTB

0 komentar: