JEKPALA

SETIAP LANGKAH ADA CERITA DAN SETIAP CERITA ADA JEJAK DAN SETIAP JEJAK MENYIMPAN KENANGAN

Gempa Bumi merupakan Fenomena alam yang tidak pernah ada yang tahu kapan dan dimana akan terjadi, banyak kita temui berbagai macam be...



Gempa Bumi merupakan Fenomena alam yang tidak pernah ada yang tahu kapan dan dimana akan terjadi, banyak kita temui berbagai macam bencana alam namun terkadang banyak juga dari kita yang salah mengambil sikap ketika mengalami hal tersebut, hingga akhirnya menghasilkan hal-hal yang tidak kita inginkan.
Kali ini saya akan memberikan bebera tips yang harus anda lakukan ketika gemba sedang berlangsung di mana anda berada saat itu juga.
  •         Apabila anda berada dalam sebuah ruangan atau bangunan segera mencari tempat untuk berlindung seperti dibawah kolong benda yang kuat entah itu meja, kursi dll. Setelah gemba mulai hilang segera keluar dari ruangan tersebut melalui pintu-pintu darurat menuju ke tempat yang lebih aman.
  •       Apabila anda berada di luar ruangan, hindari berdiri atau berlindung dibawah bagunan yang tinggi  atau hal-hal yang kemungkinan bisa roboh seperti tiang listrik, stand baliho, pohon besar dll.
  •       Apabila anda berada di pantai segera menuju ketempat yang lebih tinggi contohnya bukit dihawatirkan akan muncul gelombang ombak akibat dampak dari gempa tersebut.
  •       Apabila anda berada di gunung jangan berlingung di bawah tebing ditakutkan bebatuan akan berjatuhan atau bisa saja akan terjadi longsor. Baiknya segera mencari tanah yang lebih lapang. Jangan juga anda masuk kedalam sebuah gua, karena saat terjadi gemba bisa saja gowa tersebut tertupi  longsor 
  •       Apabila anda sedang mengumudi, segera berhenti dan menjauh dari hal-hal yang bisa jatuh atau roboh.

Nah inilah 5 tips yang bisa anda lakukan ketika mengalami bencana Genpa bumi dan yang paling penting dari semua poin tersebut adalah jangan panik, karena ketika seseorang sudah panik emosionalnya sudah tidak bisa di kontrol, hingga akhirnya susah untuk berfikir hal apa yang akan dia lakukan, tetap tenang dan segera mencari perlindungan.



Mountain Bulusaraung Sulawesi Selatan  Kata Mereka ‘’ Buat Apa Naik Gunung, Itukan Melelahkan ‘’ Aku pun Berkata Ikutlah bersamaku ...

Mountain Bulusaraung Sulawesi Selatan 


Kata Mereka ‘’ Buat Apa Naik Gunung, Itukan Melelahkan ‘’ Aku pun Berkata Ikutlah bersamaku Karena Jawaban dari semua pertanyaanmu Ada di perjalanan  dan Puncak ( asssiiieek ).

Bagi saya pribadi Mendaki Gunung itu Bukanlah Hobi, tapi lebih tepatnya di sebut Candu.  Yaa... saya kecanduan naik gunung meskipun terkandang saya naik gunung  secara mendadak hehe..

Mendaki Gunung itu berbagai macam makna yang bisa kita pahami, yaa... tegantung kamunya menyikapi bagaimana.  Ada yang menjadikan sebagai tempat untuk menikmati ciptaa-Nya (Tadabbur Alam ) ada juga yang menjadikan sebagai tempat untuk menghilangkan penat dari rutinitas pekerjaan,  lifestyle, mengikuti trend ada juga yang lebih parah ikut-ikutan dan tak tau apa tujuannya heheh

Dan masih banyak lagi jawaban-jawaban yang bisa kita dapatkan ketika survei langsung di lapangan.

Tapi bagi saya sih semua boleh-boleh saja, tidak ada Hak kita untuk melarang, Cuman saya sarankan dan hukumnya wajib yaa, Kalau naik Gunung ‘’ SAMPAHMU JANGAN DI TINGGAL’’ Pengalaman saya selama memiliki kecanduan di bidang ini (aaasssiikkk) sering sekali menemukan ada pendaki yang meninggalkan sampah mereka, padahal kalau kita pikir, sampah itu ringan banget loh, lebih berat carrier yang ada di pundaknya dari pada sampah yang ia tinggalkan, tapi kok hal yang seringan itu saja tidak bisa dibawah turun ? yaa Silahkan Di jawab sendiri dah guys..Kira-kira penyebabnya Apa..!

Kalau saja semua pendaki menyadari bahwa meninggalkan jejak sampah di gunung dapat merusak pemandangan dan pencemaran lingkungan maka bisa kita simpulkan 100% gunung bersih tampan Sampah..tapi kenyataannya yaa seperti yang anda lihat sendiri dilapang..heheh...

Baiklah Guys, Sedikit tulisan singkat saya ini semoga bisa memberikan manfaat untuk saya dan untuk kalian yang membacanya.. kalau ada kesalahan saya mohon maaf dan silahkan di luruskan, karena pada dasarnya manusia itu tidak pernah luput dari salah dan dosa...

SALAM LESTARI.



Gunung Bulusaraung merupakan Gunung yang terletak di Sulawesi Selatan tepatnya berada di antara dua Kabupaten yaitu Kabupaten Pangkep...



Gunung Bulusaraung merupakan Gunung yang terletak di Sulawesi Selatan tepatnya berada di antara dua Kabupaten yaitu Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Maros. Namun letak pas gunung Bulusaraung berada di Kecamatan Balocci Desa Tompo Bulu.

Gunung Bulu Sarung Memiliki Ketinggian 1353 MDPL. Dengan ketinggian yang terbilang rendah, namun untuk bisa tembus kepuncak bisa menghabiskan waktu 4-5 jam dengan stadar pendaki biasa.
Tepatnya tgl 11-12 April 2018 Kami melakukan perjalanan mulai dari pusat Kota Makassar menuju Basecamp pendakian dengan durasi tempuh 2-3 jam menggunakan roda dua ( Motor ).

Sesampainya di Basecamp pendakian, kita akan diarahkan oleh warga di desa tersebut untuk melakukan registrasi pengunjung. Biaya registrasi yang harus dibayar tidak terbilang mahal hanya dengan mengeluarkan duit 10.000 ( sepuluh ribu ) sudah termasuk biaya parkir kendaraa dll.

Disebelah Basecam Registrasi terdapat sebuah warung kecil yang menyiapkan beberapa kebutuhan pendaki, seperti air, indome,telur,minyak,batu baterai dll. Namun untuk lebih berhati-hati sebaiknya disiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan sebelum meninggalkan lokasi star awal.


Kami memulai pendakian sekitar jam 14 : 00 dengan jumlah tim 6 orang. 2 orang wanita cantik dan tangguh dan 4 orang pria yang tampan..hhhhhhhhh....yaaa mungkin kamu yang pertama kali melakukan pendakian di gunung ini akan kaget dengan track yang tidak biasanya kamu dapatkan di gunung-gunung lain..

Start awal kita akan melewati beberapa ladang warga yang sudah diberi tanda jalur pendakin. Tanjakan awal kita akan menaiki sebuah tangga yang sudah di tembok beton, yaa kira-kira tangga tersebut sekitar 100-150 meter jauhnya, setelah ujung tangga beton tersubut kamu harus mengikat kembali tali sepatu yang sudah mulai kendor dan memperbaiki stelan carriel yang sudah mulai terasa berat, dan yang paling penting adalah ambil nafas dalam-dalam karena di depan kamu masih panjang heheh..

Tanjakan tidak hanya sampai disitu saja, tapi masih lanjut sampai pada post 9 (sembilan) dengan jalur yang lebih menantang, harus melewati tangga dari akar-akar pohon yang bisa membuat kaki kamu terkilir jika tidak berhati-hati melangkah.



Jarak tempuh antara pos ke pos berikutnya sekitar 30 menit dan bahkan bisa kurang dari itu kalau konsisten terus maju.

Kami sampai di post 9 ( sembilang ) sekitar jam 5 lewat. Di post inilah biasanya para pendaki membuka Camp dan beristrahat sebulum naik kepuncak, di post ini juga terdapat sumber air yang bersih dan segar, cukup kita turun beberapa meter dari lokasi camp.

Selanjunya kite istrahat, ngopi,makan,dll. ......

Dari post 9 ( sembilan ) menuju puncak bisa kita tempuh 40 menit dan bahkan kurang dari itu bisa, tergantung bagaimana mapunya. Jalur mulai sempit dan penuh batu, jadi perlu kehati-hatian ketika mengambil pijakan.
Oke guys...kami doakan kamu yang belum sempatkan datang kesana bisa disegerakan..
SALAM LESTARI





Saat sekarang ini lagi ramai-ramainya pemuda dan pemudi ngungsi kegunung, kalau ditanya ngapai kegunung alasannya bermacam-macam, mula...



Saat sekarang ini lagi ramai-ramainya pemuda dan pemudi ngungsi kegunung, kalau ditanya ngapai kegunung alasannya bermacam-macam, mulai dari ingin melihat sunrice, menenangkan pikiran, dan masih banyak lagi jawaban-jawaban yang bisa kita temukan dilapangan.

tapi ada beberapa hal yang perlu teman-teman perhatikan ketika ingin melakukan pendakian diantaranya :

1. JANGAN MENGANGGAP ENTENG MEDAN

Ketika teman-teman ingin melakukan sebuah pendakian hendaknya mempelajari situasi medannya. sering kita temui pendaki yang tidak bisa sampai kepuncak karena faktor mendan yang sulit dan mereka kurang persiapan untuk mengahadapinya. 

Sebelum melakukan perjalanan carilah informasi sebanyak-banyaknya baik dari tulisan maupun lisan, atau informasi langsung dari mereka yang sudah pernah ketempat tersebut.

2. PERLENGKAPAN YANG LENGKAP

Mungkin teman-teman pernah mengalami ada pendaki yang datang di tim teman-teman untuk meminta sesuatu entah itu logistik atau apalah itu yang berhubungan dengan perlengkapan pendakian. 

bukan berarti kita tidak mau menolong kepada sesama, tapi terkadang mereka juga mendaki dengan membawa perlengkapan yang seadanya, ini merupakan hal yang sangat fatal ketika kita mendaki kemudian bergantungkan sama pendaki lain. 

khusus bagi teman-teman yang ingin mendaki harusnya melengkapi  semua perlengkapan yang kurang, jangan sampai teman-teman berharap kepada sesama pendaki yang lain. kalau saja pendaki yang anda harapakan untuk membantu tidak bisa berbuat apa-apa kan ini  sesuatu yang membahanyakan untuk diri teman-teman sendiri. 

3. BUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Segelintir pendaki yang kurang memahami bahwa SAMPAH itu bisa merusak keindahan alam, mereka dengan semangat menuju puncak membawa beban yang sangat berat, namun ironisnya mereka tidak mampu membawa turun SAMPAH mereka yang yang sangat ringan. 

Jadi bagi teman-teman yang melakukan pendakian hal yang paling utama ketika teman-teman ingin meninggalkan tempat perhatikan disekitar lokasi teman-teman istrahat, jangan sampai ada sampah yang teman-teman tertinggal. Dan yang paling penting jangan lupa membawa kantong SAMPAH.

4. TINGGALKAN HAL-HAL YANG MEMBAHAYAKAN

Beberapa pendaki ketika dipuncak gunung mereka melakukan hal-hal yang sangat berbahanya hanya untuk mengambil angle foto. 

Untuk teman-teman yang tidak begitu yakin untuk melakukan hal-hal yang berbahanya saya sarankan untuk ditinggalkan saja. karena tujuan mendaki bukan hanya untuk mengambil foto yang indah dipuncak gunung. akan tetapi tujuan kita adalah kembali kerumah dan berkumpul kembali dengan keluarga, jangan sampai hal-hal yang berbahanya yang kita lakukan malah membuat keluarga kita bersedih dengah hal-hal yang tidak kita inginkan malah terjadi kepada kita. 

5. JANGAN MENGAMBIL APAPUN 

Teman-teman pasti mernah melihat ada seseorang yang mengambil sesuatu yang dilarang di gunung, atau bahkan teman-teman sendiri pernah melakukannya. nah kalau yang lalu biarlah berlalu saatnya kita memulai lembaran yang baru. jadi kalau teman-teman yang sudah sadar dengan hal ini mohon untuk di ingatkan kepada pendaki yang belum paham jangan sampai tindakan mereka ini bisa merusak keindahan alam. 

6. JANGAN MEMBUAT API UNGGUN

Faktor yang membuat terjadinya kebakaran hutan karena api yang di nyalakan tidak dipadamkan dengan baik. Untuk teman-teman yang masih biasa menyalakan api unggun dihutan apalagi dimusim kemarau, saya sarankan untuk tidak melakukannya, karena ketika teman-teman menyalakan api unggun dimusim kemarau api yang teman-teman nyalakan kemudian tertiup angin, dari butir-butir api tersebut bisa mengakibatkan kebaran hutan, dedaunan yang berada disekitar kering dan sangat mudah terbakar begitu juga bagi teman-teman yang menyalakan rokok, sekiranya ketika membuang puntung rokoknya jangan asal dibuang begitu saja, usahakan api rokok teman-teman sudah betul-betul padam. 

oke gais semoga 6 poin diatas bisa kita taati bersama untuk kebaikan kita sendiri dan orang lain yang ada di sekitar kita.  

pic hikingmastery Bagi mereka yang biasa melakukan kegiatan dialam liar atau alam bebas harus dan wajib memilik skill tentang surviva...

pic hikingmastery

Bagi mereka yang biasa melakukan kegiatan dialam liar atau alam bebas harus dan wajib memilik skill tentang survival, banyak dari pendaki yang mengalami kecelakaan dialam hingga mengakibatkan sesuatu yang fatal karena salah satu faktor utamanya adalah mereka tidak mengerti tenting survival.


jadi untuk menjadi petualang kamu harus memiliki beberapa skill survival, silahkan dibaca sampai
akhir tulisan saya dan kalau masih kurang silahkan mencari reverensi yang lain untuk menambah wawasan lebih jauh lagi tentang survival.

#SKILL 1

MENCARI LOKASI YANG AMAN UNTUK BERMALAM

Banyak sekali kita temukan pendaki gunung yang ketika mereka sudah kelelahan dan ingin beristrahat tidak memperhatikan situasi lokasi dimana mereka akan membagun tenda, padahal ini adalah hal yang paling penting, seandainya kamu membangun sebuah tenda namun disekitar tenda kamu itu ada sarang serangga kan ini bisa mengganggu ketenangan ketika istrahat, atau ada pohon yang sudah lapuk, kan kamu ngak mau ketika lagi enak-enaknya rebahin badan tiba-tiba pohonya jatuh.

atau kamu membangun sebuah tenda dibawah lembah atau area yang biasa dialiri air. karena pada dasarnya cuaca alam tidak ada yang bisa memprediksi secara detail dan tepat, disinilah kita butuh yang namanya berhati-hati sebelum terjadi, pas enak-enaknya tidur eh taunya udah basah aja.. meskipun lokasi dimana kita membagun tenda tidak hujan namun di atas sana ternyata hujan deras.

#SKILL 2

MENDIRIKAN BIVAK ATAU SHELTER

Untuk bisa tetap bertahan dialam liar, cara membuat Bivak harus kamu pelajari, mungkin kamu dulu yang tinggal di daerah perkampung sudah pernah membuat hal ini, semacam rumah-rumah kecil yang dibuat dari alam.

bivak sangat berguna sekali untuk melindungi tubuh dari serangan HIPOTERMIA. Bivak bukan hanya melindungi tubuh dari hipo, akan tetapi juga melindungi dari ancaman hewan liar.

kalau kamu bigung bagaimana cara membuat BIVAK atau SHELTER saya sarankan untuk mencari contoh di google 

#SKILL 3

MEMBUAT PENGAPIAN

jangan kira membuat api itu gampang, mungkin kalau kita berada dirumah membuat api kompor gas atau minyak sangatlah mudah, namun beda halnya ketika kita berada diluar ruangan yang tidak ada gas apalagi minyak.

bagi kamu yang belum bisa menyalakan api menggukan kayu bakar saya sarankan dari sekarang mulailah belajar sebelum kamu melakukan kegiatan dialam bebas apalagi kalau kamu berada di alam bebas hujan deras dan tidak ada kayu yang kering yang bisa digunakan untuk menyalakan api.

tapi kalau kamu punya pemikiran seperti ini '' inikan sudah moderen banyak alat yang bisa didapatkan di toko untuk menyalakan api dengan mudah di alam bebas '' iyaa emang banyak sekali peralatan untuk mempermudah para pecinta alam atau mereka yang biasa mengisi liburan di alam bebas, namun dialam kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. makanya ada pepatah mengatakan '' Sedia payung sebelum hujan " sedia ilmu sebelum terjadi hal yang tidak dinginkan. 

selain membuat api dari korek masih banyak lagi cara lain untuk bisa menghasilkan api, saran saya lagi untuk kamu, silahkan cari di Mbah google..heheh

#SKILL 4

MENCARI AIR BERSIH

Dialam liar ada dua jenis air, air yang bisa kamu minum dan air yang tidak bisa kamu minum, jadi tidak semua air dialam liar bisa diminum siapa tau air itu adalah kencing hewan..heheh tapi kalau air kencing hewan kan ada aroma baunya jadi lebih mudah ketahuan. tapi ketika kamu mendapatkan air dan kamu ragu dengan air tersebut maka jalan pintasnya adalah harus dimasak terlebih dahulu. jika kamu tidak memiliki api,atau wadah untuk memasak maka air hujan atau air embun adalah solusi yang paling tepat, air embun ketika pagi hari bisa kamu dapatkan didedaunan tinggal kamu usap menggunakan kain lalu peras. 

selain itu ada juga beberapa tumbuhan liar yang menyimpan banyak air yang bisa di konsumsi, silahkan kamu pelajari di google yaa...

#SKILL 5

MENCARI MAKANAN YANG BISA DIKONSUMSI

jadi tumbuhan yang dialam liar itu juga bisa kita konsumsi, tinggal kita pelajari lebih lanjut contoh dan ciri-ciri tumbuhan yang bisa dimakan ketika kita berada dialam. jangan sampai kita salah memakan sesuatu hingga akhirnya mengakibatkan sesuatu yang tidak kita inginkan. 

oke gais, sebenarnya masih banyak lagi skill yang harus kita pahami dan pelajari untuk menjadi survival. jadi jangan pernah berhenti untuk terus belajar, lima poin di atas semoga bisa mewaki untuk terus semangat mencari ilmu baru.  

SALAM PETUALANG, SALAM LESTARI .......

Sebagaimana yang diberitakan RAKYATKU.COM  Dua pendaki asal Jakarta dan Nganjuk, Jawa Timur bertekad menaklukkan Gunung Latimojong. ...



Sebagaimana yang diberitakan RAKYATKU.COM 


Dua pendaki asal Jakarta dan Nganjuk, Jawa Timur bertekad menaklukkan Gunung Latimojong. Pemuda bernama M Syahrul Ramadhan dan Rohman itu menuju Enrekang dengan berjalan kaki.

Keduanya tiba di Kota Pangkep, Rabu sore (21/2/2018). Mereka jalan kaki dari Makassar sejak 15 Februari 2018.

Perjalanan ini, kata Syahrul, bertujuan memotivasi anak muda jaman now yang serba kecukupan. Bahwa, tanpa uang dan perlengkapan yang super lengkap, pendakian ke gunung idaman dapat dilakukan.

"Ini perjalanan kedua bagi saya, setelah sebelumnya dari Jakarta ke Rinjani. Tujuannya ingin menunjukkan pada anak muda, bahwa dengan keterbatasan dan uang kita juga bisa naik gunung," ujar Syahrul sesaat lalu.



Dijelaskan Syahrul, perjalanan ini merupakan ekspedisi nol rupiah. Tak ada materi disiapkan, hanya perlengkapan seperlunya. Untuk memenuhi kebutuhan makan minum, mereka mengaku biasa memasak di pinggir jalan.

Mereka akan menempuh perjalanan satu bulan dua pekan. Mereka berangkat dari Pantai Losari pada 15 Februari lalu dan diperkirakan tiba di Gunung Latimojong pada 10 Maret. Mereka hanya bisa menempuh perjalanan 20-25 kilometer per hari.

"Sejak tanggal 7 (Februari) di Makassar hingga sampai di sini. Waktu kita tinggal satu bulan untuk finis di Toraja. Bila kuat, kembalinya nanti kita akan kembali jalan kaki," ungkap Syahrul.

Jalan Kaki dari Makassar, Dua Pendaki Ini Ingin Taklukkan Gunung Latimojong

Perjalanan ini, kata Syahrul, telah direncanakan dengan matang. Bahkan ke depan usai menaklukkan Gunung Latimojong, mereka menargetkan akan menaklukkan Gunung Kerinci yang sempat batal sebelumnya.

Rohman menambahkan, ekspedisi ini merupakan perjalanan pertamanya. Ia mengaku, sambutan masyarakat Makassar kepada mereka hingga sampai di Pangkep sangat luar biasa baik.

"Di sini saya menemukan inspirasi bahwa gunung lah yang mempersatukan kita. Tidak ada perbedaan ras dan suku di gunung, tak ada konflik dan pertikaian," ungkap Rohman.

asal berita klik disini

Gunung slamet adalah sebuah gunung yang berapi yang berbentuk kerucut yang terletak dipulau jawa, indonesia. Gunung slamet berada di an...


Gunung slamet adalah sebuah gunung yang berapi yang berbentuk kerucut yang terletak dipulau jawa, indonesia. Gunung slamet berada di antara lima kabupaten, yaitu kab. brebes, kab. Bayumas, kab. Purbalingga, Kab. tegal dan Kab. Pemalang.

Gunung slamet merupakan gunung tertingga kedua di pulau  jawa setelah gunung semeru (mahameru) dan merupakan gunung tertinggi di jawa tengah. Gunung slamet cukup populer sebagai sasaran banyak pendaki meskipun medannya dikenal sulit dan terjal.

dibawah kaki Gunung slamet terletak kawasan wisata Baturraden yang juga  ramai dikunjungi wisatawan. jarak dari purwokerti tidak begitu jauh kisaran 15-16 km saja.

kami memulai langkah dari pos BAMBANGAN Kab. Purbalingga. sebenarnya ada beberapa jalur yang dibuka untuk bisa sampai kepuncak slamet di antaranya adalah  jalur guci, jalur dukuhliwung dan jalur baturaden dan mungkin masih ada lagi jalur yang lain yang sudah terbuka, tapi sampai saat ini yang paling banyak terkenal dikalangan pendaki ya jalur yang itu.

kami sarankan untuk ada yang ini mendaki gunung slamet agar membawa perbekalan air yang cukup, karena sepanjang jalan anda tidak akan menemukan sumber mata air yang bisa mengisi botol-botol kalian yang udah pada kosong gan..heheh

gunung slamet juga merupan gunung yang memiliki cuaca yang tidak menentu, terkandang kabut tebal turun menyelimuti jalan-jalan setapak hingga jarak penglihatan sangat terbatas.



kami sarankan kalau anda mendaki kemudian diselimuti kabut yang tebal harap berhati-hati jangan panik dan jangan ceroboh tetap tenang dan kalau tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan mending berhenti dan menunggu kabutnya hilang.

setiap gunung pasti memiliki mitos dan cerita  mistis, jadi kami juga menyarankan kepada semua orang yang suka melakukan kegiatan diluar rungan agar tetap melindungi diri masing-masing, jaga sopan satun ketika berada di alam bebas karena alam bebas bukan berarti kita bebas bertinggak, karena alam bebas adalah tempat mahluk yang tidak bisa dilihat oleh kasat mata tapi dia bisa melihat kita.

oke gan, itu aja yang bisa kami infokan semoga bermanfaat dan salam Lestari.

#klik untuk follow fb Khoiruddin https://www.facebook.com/ayeank.tanjungpriuk



puncak gunung bawa karaeng Gunung Bawa Karaeng berada di kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Gunung ini merupan tempat yang paling bany...

puncak gunung bawa karaeng

Gunung Bawa Karaeng berada di kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Gunung ini merupan tempat yang paling banyak di kunjungi para pendaki. kalau anda seorang pecinta ketinggian jangan sampai lewatkan gunung ini gan, heheheh...

wiew yang indah bisa kita nikmati dengan puas ketika sampai di puncak gunung bawa karaeng.
sepanjang jalan menuju titik awal pendakian, kita akan melihat hamparan pohon pinus yang tumbuh dengan hijau dan rapih gan.

ternyata gunung bawa karaeng ini bukan hanya sekedar nama begitu saja, namun ada arti yang terkandung didalamnya gan. menurut warga sekitar BAWA berarti '' mulut '' KARAENG berarti  '' tuhan '' . jadi kalau di sambungkan menjadi ''gunung mulut tuhan''.

beberapa warga sekitar juga memahami bahwa gunung bawa karaeng merupan tempat pertemuan para wali terdahulu. jadi jangan heran kalau anda mendaki gunung pas bulan haji bertemu dengan beberapa  rombongan warga yang melaksanakan haji di puncak gan.



Sumbawa sangat terkenal dengal dengan hamparan pantai dan pulau-pulau kecilnya yang indah, namun dibalik keindahan yang dimi...





Sumbawa sangat terkenal dengal dengan hamparan pantai dan pulau-pulau kecilnya yang indah, namun dibalik keindahan yang dimiki sumbawa ternyata ada keunikan yang sangat luar biasa dari pedalaman Sumbawa itu sendiri.

Desa Emapang Bua menjadi salah satu tuan perjalanan saya. Untuk bisa sampai di Desa Empang Bua kita harus melewati lima sungai yang sangat deras. Perjalanan untuk bisa sampai di desa Empang Bua tidaklah muda, jarak tempu pejalan kaki kurang lebih 4-5 jam menelusuri hutan yang rimba dengan jalan setapak yang licin dan curam.

Warga yang menetap di Desa Emapang Bua -+ 7 kk. Dengan kehidupan yang jauh dari kata sempurna. Desa ini sama sekali belum disentuh oleh pemirintah setempat hingga saat ini belum ada penerang yang bisa menerangi gelapnya malam di desa tersebut.

Namun dibalik kekurgan mereka, ada beberapa keunikan yang jarang sekali kita dapatkan di tempat-tempat lain diantaranya :

  1. mengembala tanpa Kandang

Pada umumnya mengembala pasti memiliki kandang untuk ternak-ternaknya. Tapi berbeda dengan warga desa empang bua, ternak mereka di biarkan berkeliaran di hutan yang luas tanpa batas.
Sapi-sapi yang mereka pelihara dibiarkan begitu saja, terkadang ada sapi yang kembali ke desa dalam jangka bulan dan adapula yang bertahun-tahun  kemudian kembali dengan membawa rombongan anak-anaknya. keren kan..hhhhh...kita lanjutkan.

2    2. Rumah Dari Bambu

Kalau kita berkunjung kedesa empang bua pasti kita temukan beberapa rumah meraka yang dibangun dengan bahan dasar bambu, mulai dari tiang, tangga,  lantai, dinding dan bahkan atapnyapun dari bambu.
Gambar  diwaktu malam hari


Menurut warga setempat, menggunakan bambu untuk membagun sebuah rumah sederhana sangat mudah bahan-bahannya mudah didapatkan dihutan dan tidak memerlukan alat yang canggih untuk membentuknya

 3. Padi tanpa Air



Pada umumnya petani menanam benih padi mereka di Sawah yang memiliki aliran air, tapi jauh berbeda dengan petani di desa Empang bua, Mereka menanam padi-padi mereka di lereng-lereng gunug yang tidak sama sekali terdapat sumber air.


Tanaman padi mereka bisa tumbuh subur akibat siraman air hujan. Benih padi yang mereka gunakan berbeda degan benih padi yang biasa di pakai petani-petani di sawah. Padi mereka bisa tetap subur meski tidak pernah disentuh air hujan berbulan-bulan. 

semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sudah mampir di blog saya.

jangan lupa untuk meninggalkan jejak yaa heheh
Salam Petualang






assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu...... kali ini saya merayakan tahun baru di tanah kelahiranku sulawesi selatan, yang...



assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu......

kali ini saya merayakan tahun baru di tanah kelahiranku sulawesi selatan, yang biasanya tahun-tahun lalu pasti berada di pulau seberang..hehehe..

Mari kita menyambut tahun baru 2018 dengan semangat, semoga di tahun ini segala usaha cita-cita yang telah kita impi-impikan selama ini bisa terkabulkan dan tercapai.

Tahun Baru merupan momen yang paling pas untuk berkumpul dengan sanak keluarga,  membuat sebuah acara kecil-kecilan dengan canda tawa yang dihiasi kembang api menjulang ke angkasa memberikan cerminan hidup warna warni yang indah. kalau warna hidup kita di tahun yang lalu masih gelap gulita saatnya kita membuka lembaran baru yang terang benderang yang bisa menyinari orang-orang di sekitar kita.

jadikan perpindahan tahun ini menjadi lebih baik dari tahun yang lalu. buat targer yang baru dengan semangat yang baru juga, semoga kesuksesan selalu menyertai di setiap langkah usaha-usaha yang telah kita lakukan.

'' Salam Lestari ''





Ait Terjun Lembanna Malino Sulawesi Selatan. Air terjun Lembanna merupakan salah satu air terjun yang ramai di kunjungi wisatawan, ba...

Ait Terjun Lembanna Malino Sulawesi Selatan.

Air terjun Lembanna merupakan salah satu air terjun yang ramai di kunjungi wisatawan, baik yang dalam negri maupun yang luar negri.

Air terjun lembanna ini berada di kaki gunung Bawa karaeng, tidak terlalu jauh dari desa terakhir sebelum kita memasuki kawasan hutan gunung.

di desa ini kita bisa menitipkan kendaraan kepada para warga yang ada di kampung tersebut.
tidak begitu memakan waktu lama, kita berjalan kaki menelusuri jalan yang rapi dengan susunan bebatuan gunung yang indah dan kuat.


Baca Juga SARABBA Minuman Khas Makassar 



disebelah kanan dan kiri jalan kita bisa melihat hijauhnya ladang warga yang penuh dengan tanaman sayur mayur yang segar dan subur.

sekitar 300 meter kita berjalan, sampailah kita di pintu masuk hutan bawa karaeng, nah di jalan ini terdapat dua jalur kalau kita mengambil jalur yang lurus, maka kita mengambil jalur pendakian  menuju puncak Gunung Bawa karaeng, namun jika kita mengambil jalur yang sebelah kiri, kita akan sampai di Air terjun Lembanna yang kurang lebih memiliki tinggi sekitar 7-10 meter yang di kelilingi tebing  batu gunung yang kuat.

Air yang segar dengan udara yang dingin membuat para pengunjung ingin berlama-lama di lokasi air terjun, bahkan tidak heran ketika kita menemukan ada yang biasa membuka tenda camp di sekitar lokasi tersebut hanya untuk menikmati indahnya air terjun dan sejuknya alam yang masih terjaga kelestariannya.

 '' Salam Lestari ''

Tembok prasasti Malino 1927  Malino adalah surgaya para petualang dan pendaki gunung Bawa karaeng, kenapa tidak, struktur lokasi malin...

Tembok prasasti Malino 1927 

Malino adalah surgaya para petualang dan pendaki gunung Bawa karaeng, kenapa tidak, struktur lokasi malino yang indah dan rapi nan sejuk menjadi pilihan yang paling favorit untuk mengisi liburan keluarga, teman kerja, dan bahkan kerabat komunitas kampus pada umumnya.

Sejuknya lokasi dan indahnya alam malino membuat para pengunjung serasa ingin berlama-lama disana.
Udara yang dingin dan kabut awan yang sering turun menutupi kota dan pedesaan malino menjadi momen yang paling di tunggu untuk mengambil pose berfoto pengunjung.

Malino juga merupakan tempat penghasil sayur mayur yang segar, umumnya masyarakat malino aktifitas keseharian mereka adalah berladang, hasil dari ladang merekalah yang di angkut kekota dan di perjual belikan di pasar-pasar tradisional.


BACA JUGA Barongko Makanan Khas Makassar


suasana yang sejuk dan dingin memang menjadi tempat yang pas untuk tanaman seperti wortel, makanya tidak heran sepanjang jalan menuju malino kita akan bertemu dengan mobil-mobil picup yang mengangkut wortel yang masih segar.

Mungkin kalian yang berkunjung ke sulawesi selatan, rugi rasanya kalau belum menyempatkan waktu untuk mampir di kota malino ini.

Kalau dari makassar kita bisa tempuh perjalanan kisaran 3 jam dengan roda dua. adapun kalau menggunakan roda empat bisa lebih cepat, tapi tergantung draiver nya juga sih, berhubung jalan yang naik dan berliku-liku, kalau draivernya ngak biasa kan bisa memperlambat perjalanan hehehehehe.





HIPOTERMIA Cara mengatasi penyakit Hipotermia di bedakan menjadi dua, tergantung dari kondisi koerban. nah kondisi korban ada dua, ...

HIPOTERMIA


Cara mengatasi penyakit Hipotermia di bedakan menjadi dua, tergantung dari kondisi koerban. nah kondisi korban ada dua, sadar diri atau tidak sadar diri.

SADAR DIRI.

1. Ganti pakaian yang basah dengan pakaian yang kering, karena pakaian yang basah dan dingin              yang  mengakibatkan suhu badan menurun.
2. Minum minuman yang hangat, agar kondisi badan yang tadinya dingin bisa kembali terhangatkan.
3. Makan makanan yang berkalori tinggi.
4. Ajak bergerak, agar suhu badannya kembali hangat. 
5. Kalau memungkinkan buatlah api unggun, tapi usahakan apinya jangan terlalu besar, secukupnya        saja.

TIDAK SADAR DIRI

1. Ganti pakaian yang basah.
2. Masukkan kedalam Sleeping Bag
3. kalau memungkinkan peluk, usahakan Kulit ketemu kulit, karena percaya atau tidak percaya, kulit      ketemu kulit bisa mempercepat pengembalian suhu badan. 
4. usahakan penderita segera sadarkan diri, jangan biarkan penderita tertidur, tepuk-tepuk pipinya,          agar dia bisa tetap sadar. 
5. Jika sudah sadarkan diri, lakukan hal yang pertama diatas. 

Demikian semoga Bermanfaat. silahkan di sheer keteman-teman 

'' salam lestari ''

Viw Puncak Nanga Tumpu Dompu Pesona Alam yang satu ini sudah tidak perlu di pertanyakan lagi, keindahan pantai yang di keliligi bukit-b...

Viw Puncak Nanga Tumpu Dompu

Pesona Alam yang satu ini sudah tidak perlu di pertanyakan lagi, keindahan pantai yang di keliligi bukit-bukit membuat mata terasa nyaman untuk terus memandanginya.
nama tempat ini adalah puncak Nanga Tumpu, tepatnya berada di Dompu NTB, tempat ini menjadi tempat favorit untuk beristrahat para travel atau tour lainya. keindahan yang disajikan sangat luar biasa, kita bisa melihat pantai dari ketinggian pinggiran tebing jalan poros bima sumbawa.

sepanjang jalan poros Bima-Sumbawa kita aka menemukan hewan-hewan yang berkeliaran di jalanan. seperti halnya Monyet. Menyet-monyet ini akan turun ditepih-tepih jalan dan bahkan terkadang berada pas di tengah-tengah jalan raya untuk mengambil makanan biji-bijian yang jatuh dari pepohonan yang rindang sepanjang jalan bima sumbawa.

nah buat kamu nie yang nyetir Mobil atau Motor, harus hati-hati sepanjang jalan ini.tetap konsentrasi, kondisi jalan yang naik turun dan belokan yang terhitung terjal membuat para pengendara harus tetap berhati-hati, jangan sampai nanti kamu nabrak hewan loh..hehheh...tapi muda-mudahan hal itu tidak terjadi pada kita semua..amiiin

mungkin anda yang dari bima tujuan sumbawa pasti akan melewati tempat ini, rugi rasanya kalau anda tidak menyempatkan waktu untuk singgah sejenak menatap indahnya pantai dan bukit yang hijau.

jika anda berada di puncak Nanga Tumpu pada jam pagi, maka anda akan menemukan ketenangan dan  suara kicauwan burung yang indah, tapi kalau anda berada di puncak naga tumpu pada saat siang hari, anda akan di sambut hembusan angin lepas dengan viw langit hijau, pas untuk berfoto meski matahari terik, akan tetapi rasa panas hilang ditelan hembusan angin pantai.

meski saya melewati jarul ini di siang hari, tapi banyak dari merek yang mengatakan bahwa sunset di puncak Naga Tumpu ini sangat indah. pas untuk mereka yang suka mengabadikan foto perjalanannya dengan viw yang indah dan keren.
saya yakin bagi kamu yang pernah kesana, pasti kamu merasa ingin lagi ketempat tersebut menikmati suasana alam yang indah dan sejuk, dan semoga buat kamu yang membaca tulisan saya dan belum ada waktu untuk mengunjunginya semoga di segerakan bisa kesana juga.

Sisah Foto 










sekian yang bisa saya tuliskan gan, semoga bermanfaat.

'' Salam Lestari ''

warna putih sebagai lambang bersih dan suci menjadi salahsatu warna yang disukai banyak orang. selain memancarkan aura yang agung putih ...



warna putih sebagai lambang bersih dan suci menjadi salahsatu warna yang disukai banyak orang. selain memancarkan aura yang agung putih juga menjadi salahsatu warna yang tergores dengan sempurna di sudut sudut Bumi melalui Kekuasaan sang pencipta.

seperti halnya warna putih dari pasir yang membentang indah di pantai Labangka. dan kali ini, aku akan berbagi kisah serunya  tentang perjalanan menuju Pantai Labangka Sumbawa Besar Provinsi NTB.

Perjalanan panjang yang memakan jarak sejauh kurang lebih 80 Km dari pusat kota Sumbawa ini dimulai sejak pukul 6 pagi, ketika langit belum terang dan jalanan masih lengang aku dan 3 orang temanku sudah melaju menyusuri jalan raya dengan mengendarai dua motor menembus udara yang masih dingin menusuk kulit. Sebuah tas ransel penuh dengan perlengkapan kemah sudah nangkring di pundak kami, karena dari awal sudah diniatkan untuk berkemah semalam disana.

Pom Bensin

Belum jauh kami melaju, kami harus mampir terlebih dahulu ke Pom bensin untuk mengisi full tangki motor,  ini memang menjadi hal yang penting terlebih ketika perjalanan panjang seperti ini, tidak ada yang tahu kalo tiba tiba ditengah perjalanan motor mogok karena kehabisan bensin dan ternyata gak ada pom bensin ketika menikmata makannya dari awal harus sudah diantisipasi. selesai mengisi bensin perjalananpun dilanjutkan.

Ada keindahan yang dilihat selama di jalan, seiring matahari yang perlahan membuka cakrawala, terbentanglah hamparan lepas yang indah memanjakan mata, berupa hamparan sawah yang telah dipanen, barisan bukit-bukit savana khas alam Sumbawa, sulit untuk digambarkan uniknya alam Sumbawa ini yan belum tentu bisa ditemukan di daratan lain dan hanya bisa disimpulkan dengan sebuah kata "indah".
setelah kurang lebih satu setengah jam berpacu di jalan Raya sampailah kami di Desa yang bernama pelampang, ada sebuah gapura dengan tulisan serupa  ucapan selamat datang dan juga tulisan Labangka, tanpa ragu kamipun mengarahkan kendaraan untuk berbelok dan masuk ke jalan yang terdapat gapura itu. tapi supaya lebih memastikan akhirnya aku tanyakan ke bebetapa orang yang ada disitu, dan benarlah jalan yang kami ambil ini adalah jalan menuju pantai labangka.

Gapura Labangka

Tentunya aku semakin semangat dan rasa penasaranku semkin memuncak, tak sabar untuk melihat indahnya pantai labangka. tapi rupanya perjalanan dari tempat behenti tadi menuju lokasi masih saja membuat mata ini termanjakan. kali ini kejutan dari perkebunan jagung milik warga yang terhampar sejauh mata memandang bahkan sampa tak terlihat ujungnya. sungguh ini pemandangan yang tak pernah aku temui sebelumnya, dan hanya bisa takjub menyaksikannya.
sekitar kurang lebih 15 menit berkendara sampailah di pertigaan, disitu kami kembali menemui gapura dan petunjuk arah, rupanya pantai labangka ini terbagi menjadi beberapa daerah dimulai dari labangka 1 hingga labangka 5. untuk kunjungan yang pertama akhirnya kami mulai dari labangka 3 dengan mengambil jalan lurus dari pertigaan itu. belum jauh berkendara rupanya sudah terlihat diujung pemandangan hamparan laut lepas, dan yang serunya lagi jalan yang dilalui sudah bukan jalanan aspal lagi, melainkan tanah dengan batu kerikil. cukup memerlukan kehati hatian melawati jalan ini, terlebih jalanan ini bukan jalan umum dan hanya dilalui oleh para pekerja di kebun jagung.

Gapura Peta Lokasi

Seperti ini sudah bisa terbayangkan gimana cantiknya nanti pantai labangka dengan ke asriannya karna sudah bisa dipastikan bahwa belum terlalu banyak pengunjung yang datang, tidak seperti kebanyakan pantai-pantai lain yang jadi tempat wisata. Dan benar saja sesampainya kami di bibir pantai langsung disuguhi deburan ombak khas pantai selatan. saling menyahut menyentuh putihnya pasir. tidak hanya disitu saja, sedikit mengarahkan laju kendaraan ke tempat lain kamipun menemukan spot tebing yang pemandangannya hamparan lau lepas seperti tak terbatas, dan tak menunggu lama kami langsung turun dari kendaran dan menikmati keindahan alam ini dan tentunya mengabadikan tempat seindah itu.

Tebing Labangka

selepas dari situ kamipun melanjutkan perjalanan ke suatu tempat yang menurut beberapa sumber ada goa yang bernama Goa dewa, awalnya kami kesulitan menemukan Goa ini, karna tidak adanya petunjuk arah, juga lokasinya yang berada dibawah perkebunan jagung milik warga. dengan bertanya kebeberapa orang yang ada di kebun jagung akhirnya kami menemukannya, dengan menuruni beberapa celah tebing yang tidak seberapa tinggi, Goa yang mulutnya langsung menghadap ke laut ini menjadi salah satu spot unik di labangka, ruang di dalam Gua tidak begitu dalam, tapi sangat terlihat jelas bahwa Gua ini biasa di gunakan untuk peribdahan umat Hindu warga sekitar, dengan beberapa patung dan benda benda sisa peribdatan.
terasa cukup menikmati Gua dewa petualanganpun dilanjutkan ke wilayah labangka lainnya, dengan kembali ke jalan yang ada gapura dan petunjuk arah.

Gua Dewa

kali ini aku dan temanku menuju ke labangka 4 dan 5 dengan melewati labangka 2 terlebih dahulu.
sesampainya di Labangka 4 kamipun merapatkan kendaraan ke sebuah warung kecil, karna matahari sudah mengganas diatas kepala menandakan sudah waktunya jam makan siang, sembari menikmati makan akupun bertanya ke penjual lokasi mana yang cocok untuk mendirikan kemah, dan rupanya lokasinya gak terlalu jauh dari warung tersebut. selesai makan kamipun langsung bergegas kelokasi berdasarkan petunjuk yang sudah diberikan.
hanya berjarak kira-kira lima menit, kami sudah menemukan lokasi yang dicari, terdapat sebuah kampung yang mana kampung itu merupakan kampung nelayan tetapi mayoritas warganya adalah para pendatang dari luar sumbawa, kalo diperhatikan sepertinya warga di kampung ini berasal dari wilayah Timur, dan kamipun langsung menemui penanggung jawab wilayah tersebut untuk meminta izin nendirikan kemah.

Membuka Kemah Di pinggiran Pantai 

matahari yang mulai turun menjadi pengingat kalo kami harus segera mendirikan tenda, sesuai lokasi yang ditentukan akhirnya kemahpun didirikan.
menikmati senja di bibir pantai bersama nyanyian ombak yang terdengar menjadi harmony yang sempurna di sore itu.

 lelahnya badan dalam perjalanan segera tersamarkan oleh bahagianya menikmati senja di Labangka yang berpasirkan putih yang sempurna, dan saat malam tiba kamipun melakukan ritual yang umum biasa dilakukan oleh mereka yang kemah, yaitu menyalakam api unggun dan karena suasananya di pantai bakar bakar ikan menjadi penyemaraknya.

Mas Arif  Lagi Asik Bakar Ikan
Naim Cuma Ngambil Foto 


Puas menikmati suasana malam di pantai labangka, pagi hari saat matahari mulai beranjak naik perjalanan untuk kembali pulangpun dilanjutkan, dengan seberkas pengalaman yang berkesan, indahnya pantai labangkapun terbungkus sempurna dengan pemandangan kebun jagung yang kembali terlihat saat pulang, daun-daun jagung yang tertiup angin melambai seolah mengucapkan salam perpisahan dan ucapan untuk kembali lagi, sungguh Rizki perjalanan ini sangat luar biasa, bersyukur karena bisa berkunjung ke pantai labangka semoga suatu saat nanti bisa kembali lagi.

SISAH JEPRET









'' SALAM LESTARI ''


Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di kepulauwan nusa tenggara barat, indonesia. pulau ini dibatasi oleh selat alas, disebelah barat ...

Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di kepulauwan nusa tenggara barat, indonesia. pulau ini dibatasi oleh selat alas, disebelah barat memisahkan dengan pulau lombok, selat sape di sebelah timur memisahkan dengan pulau komodo, samudra hindia disebelah selatan, serta laut flores di sebelah sebelah utara. kota terbesar adalah Bima, yang berada di bagian timur pulau ini.

dengan luas pulau 14.386 M2. dan merupakan pulau terbesar di propinsi nusa tenggara barat. 
puncak tertingginya adalah gunung tambora dengan ketinggian 2,824 M. dan masih termasuk gunung apa yang masih aktif. 

keunikan yang dimiliki sumbawa yaitu bentangan pulau-pulau dan pantai yang indah, salah satunya yang kami pernah kunjungi adalah pantai Labangka1 dan Liang Dewa.

jarak Sumbawa labangka kurang lebih 70 KM, atau sekitar 1-2 jam perjalanan mengendarai roda dua atau roda empat.

LABANGKA.1

Labangka tidak hanya dikenal sebagai sentral penghasil jagung terbanyak di kabupaten sumbawa, namun juga menyimpan potensi bahari dan termasuk surganya pantai-pantai yang indah di kabupaten sumbawa. 

pantai-pantai labangka memiliki struktur pasir putih yang terhampar luas, dengan ukuran kecil-kecil dan bersih, ini salah satu yang membuat pantai labangka semakin indah di pandang dari kejauhan.



pantai Labangka 1. 

LIANG DEWA

untuk bisa sampai ke pantai liang dewa cukup mudah, karena masih termasuk labangka 1. patokan utamanya adalah KTM ( Kota Terpadu Mandiri ) berada di sebelah kanan jalan ada gang.
tidak terlalu jauh dari KTM, kita akan melewati jalan yang licin dan sempit, hanya bisa dilewati kendaraan roda dua. 

gapura KTM Labangka 1. jalur menuju labangka satu.

liang dewa adalah gua yang kurang lebih ukuran mulunya kurang dari 2 meter, namun banyak dari pecinta alam bahkan warga di sekitar enggan untuk masuk dikarenakan banyak isu-isu negatif yang beredar.dengan keberadaan gua tersebut.


masih banyak lagi tempat-tempat wisa di sekitar sumbawa NTB yang indah, cuma dikarenakan waktu yang tidak memungkinkan untuk mengunjungi semuanya, yaaaa. mau gimana lagi hehehhe....semoga di lain waktu kita bisa berkunjung di tempat yang berbeda..amiiin..

semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang membacanya, dan saya doakan yang belum pernah berkunjung ke tempat ini, semoga disegerakan.

DOKUMENTASI


Camping di pinggir Pantai


Mas Arif, Muh Naim, Dase Salpin, Ihsanul Malik.
Sekret AQL Sumbawa





''Salam Lestari''


Viw Epang Bua Nusa Tenggara Batar ( NTB )   Empang Bua, adalah salah satu desa di kecamatan moyo hulu Sumbawa ( NTB) dengan jarak temp...

Viw Epang Bua Nusa Tenggara Batar ( NTB )  

Empang Bua, adalah salah satu desa di kecamatan moyo hulu Sumbawa ( NTB) dengan jarak tempuh perjalan kaki sekitar 4-5 jam.
untuk bisa sampai di jalur utama menuju desa empang bua, kita harus melewati beberapa pemukiman yaitu desa kerekeh dan desa selang. 

nah dari desa selang inilah kita akan memasuki kawasan hutan.

trek untuk bisa sampai kelokasi Desa Empang Bua tidaklah mudah, rintangan dan tangtangan pasti selalu ada menjadi bunga-bunga kenangan dalam setiap perjalanan, tapi kalau memiliki jiwa petualang saya yakin hal apapun itu pasti bisa dilalui

untuk bisa sampai kedesa Empang Bua kita harus menempuhnya dengan jalan kaki, melewati hutan rimba, perbukitan yang terjal, dan yang tidak kala penting kita harus melewati 5 sungai yang sangat deras. 


sungai yang deras dan bebatuan yang besar 

Hal tersebut dikarenakan belum ada akses jalan yang bisa di lalui kendaraan, mungkin karena faktor geografis dan anggaran pemerintah yang belum masuk ke desa tersebut.

sebenarnya memakai sepeda motorpun bisa tapi disaat musih kemarau datang, tapi yaaaa... harus berani tanggung resiko yaa gan, soalnya di sepanjang perjalanan tidak akan anda dapatkan bengkel atau tukang servis hehehehe..... sedangkan trek yang anda harus lalui sangat-sangat extrim bangat, harus melalu 5 sungai dengan air yang begitu deras dan batu yang licin lagi tajam..hehehhe......belum lagi harus naik turun gunung, yaaa kalau remnya jebol ngak berfungsi yaa sudah bisa kita pastikan apa yang akan terjadi selanjutnya...heheh

tapi kalau baru pemula mau menuju desa Empang Bua, Saya sarankan anda lebih baik berjalan kaki lebih untuk mencari amannya gan.

sepanjang perjalanan anda akan mendapatkan banyak sekali pengalaman, karena alam yang masih begitu rimba pasti disana masih banyak hewan-hewan yang langka dan liar, seperti monyet, burung-burung,babi, rusah dah masih banyak lagi yang lainya. sebagai orang yang memiliki jiwa pecinta alam pasti kita memegang erat yang namanya kode etik pencinta alam dan kita pasti punya semboyan bahwa :


Bentuk Jalan menuju Empang Bua yang sangat-sangat rusak 

  • jangan mengambil apapun kecuali gambar
  • jangan meninggalkan apapun kecuali jejak
  • jangan membunuh apapun kecuali waktu.
tiga ini harus selalu kita pengan dengan erat, kalau memang kita merasa seorang yang cinta dengan Alam. 


sebelum kita sampai di pemukiman, kita akan melewati ladang warga yang hijau dengan pemandangan gunung, viw yang begitu sangat-sangat  indah, membuat sesak nafas berhenti seketika, rasanya semua lelah telah hilang dan terbayar, heheheeh... belum lagi udarah yang begitu segar membuat jiwa semakin tenang, ingin rasanya berlama-lama di tempat ini. 

tidak begitu jauh dari ladang warga, kita sampai di perkampungan, di sana kita akan menemukan beberapa deretan rumah yang sangat sederhana yang bahan dasarnya adalah kayu.

tapi kampung ini terasa sunyi mungkin karena penduduk yang menetap lebih banyak bermalam di ladang masing-masing menjaga serangan hewan buas yang merusak tanaman mereka. 

namun yang membuat saya begitu terkejut ketika melihat sebuah masjid sederhana yang di bangun yayasan peradaban Islam Ar-Rahman Qur'anic Learning Center.
dalam hati kecil saya berbisik, sunggu muliah agama islam sampai di pelosok desa sumbawah syiar suara islam masih terdengarkan dan terus berkumandang.


Foto Masjid AQL Islamic Center Desa.Empang Bua


di masjid inilah warga empang bua berkumpul melaksanakan sholat lima waktu dalam sehari semalam.

dikarena jarak yang begitu jauh dari perkotaan, maka untuk mencari sinar lampu listrik jagan harap anda akan mendapatkan di kampung ini gan, layaknya kalau para pendaki bermalam di alam rimba..hehehhehe


suasana malam di desa empang bua tanpa ada listrik dari pemerintah

tapi yang unik dari desa ini, meski jauh dari perkotaan, jaringan ponsel tidak ketinggalan ko gan, malah untuk internet pun kuat lo..heheh

kebiasaan warga memasak nasi atau makanan lainnya dengan menggunakan kayu bakar yang sudah kering, yang mudah kita dapatkan di sekitar hutan, nah buat kamu nie yang biasa berpetualang namun belum bisa nyalain api pakai kayu, sudah saatnya untuk belajar dari sekarang karena kamu tidak pernah tau apa yang akan terjadi ketika kita berpetualang di alam bebas. 

seuntai kisa saya, semoga bisa menambah wawasan kita semua, dan semoga ada yang tetarik untuk mengunjungi lokasi ini, karena sebenarnya masih banyak lagi yang harus saya tuliskan mulai peninggalan sejarah yang ada di lokasi tersebut  dan masih banyak lagi yang lain, cuma berhubung saya tidak memiliki foto yang bisa meyakinkan akhirnya saya putuskan untuk tidak menceritakan apa-apa saja sejarah yang aka di kampung tersebut.

namun untuk kamu yang memiliki jiwa petualang sejati, silahkan datang dan kunjungi lokasi tersebut. 







'' Salam Lestari ''